Jakarta, aktual.com – Padatnya aktivitas pekerjaan maupun sekolah kerap melelahkan. Untuk menghilangkan penat, ada baiknya Anda mengajak keluarga berlibur ke Kota Depok. Meski tergolong kota megapolitan, Depok diselimuti hawa sejuk dan dikelilingi tempat wisata menarik. Berikut ini beberapa tempat wisata keluarga (ramah anak) yang bisa Anda kunjungi.

1. Godong Ijo
Didirikan tahun 1998, Godong Ijo menjadi tempat wisata edukasi yang mengusung konsep hutan di tengah kota. Lokasinya berada di Jalan Raya Cinangka Bojongsari, Depok. Sementara luas kawasan tersebut mencapai 2,5 hektare dengan fasilitas wisata Godongijo Resto, pemancingan, dan Vertical Green.

Godongijo Resto merupakan tempat bersantap yang menghidangkan menu Spesialis Cobek Timbel khas Sunda. Tidak jauh dari Godongijo Resto, terdapat area pemancingan dengan dikelilingi taman asri. Di taman tersebut ada tanaman langka berumur ratusan tahun, kolam ikan, serta area bermain. Untuk belajar pertanian, Anda bisa mengajak anak ke Vertical Green.

2. Hutan Kota Depok
Hijau, asri, dan berhawa sejuk; begitulah suasana di Hutan Kota Depok. Awalnya, hutan ini dibangun untuk daerah resapan air, perlindungan plasma nutfah, dan penelitian keanekaragaman hayati. Itu sebabnya, Hutan Kota Depok kaya akan vegetasi, seperti kopi, karet, kayu hitam, dan cendana.

Selain pohon, Anda juga bisa menemukan tanaman buah, seperti sawo, nanas, dan pisang. Jika sempat, cobalah menyambangi area yang paling banyak dihuni oleh satwa burung. Kurang lebih ada 56 burung langka di hutan ini, seperti wallet sapi, bandol jawa, dan burung cabe.

Sebagai fasilitas istirahat, Hutan Kota Depok dilengkapi guest house dan beberapa tempat duduk untuk bersantai. Tidak hanya itu, kawasan hutan tersebut juga dibekali fasilitas lapangan bola voli, tenis, dan basket.

3. Pondok Zidane
Pondok Zidane merupakan objek wisata lengkap yang menawarkan waterpark, wisata alam, edukasi, serta outbound. Luas lahannya mencapai 2 hektare dengan dikelilingi pepohonan produktif, seperti pohon mangga, nangka, rambutan, jambu air, jambu biji, dan beberapa buah khas Indonesia lainnya.

Untuk fasilitas outbound, Pondok Zidane menyediakan beberapa permainan menarik, seperti Two Lines Bridge, jembatan tong, flying fox. Ada pula rintangan tali keseimbangan, jembatan gantung, naik perahu rakit, dan spider web.

4. Tempat Wisata Studio Alam TVRI
Digunakan pertama kali pada tahun 1980, Tempat Wisata Studio Alam TVRI memiliki luas 20 hektare. Di dalamnya terdapat hutan mini, Situ Sidomukti, dan tempat area pagelaran. Mulanya, Studio Alam TVRI didirikan untuk lokasi syuting film. Kini, area ini dibuka untuk umum.

Anda bisa mengunjungi danau Sidomukti, menikmati udara segar di sana, atau menumpang perahu—mengelilingi perairan. Selain itu, Anda dapat menyambangi beberapa rumah adat yang sengaja dibangun untuk kepentingan syuting.

5. D’Kandang Amazing Farm Depok

Anda ingin mengajak anak rekreasi sambil belajar? D’Kandang Amazing Farm adalah tempat yang tepat. Di Amazing Farm, anak bisa melihat peternakan sapi dan melihat proses pemeliharaannya.

Tidak hanya itu, Amazing Farm juga menyediakan wahana memberi makan kelinci, menyusui anak kambing, menangkap ikan, menunggang kerbau atau kuda, dan naik delman. Jika ingin mengelilingi tempat wisata ini, Anda bisa menyewa ATV. Untuk mengasah kecerdasan anak, coba ajak ia mengunjungi wahana kreasi.

Itulah lima tempat wisata keluarga yang ramah anak. Rata-rata lokasi tempatnya strategis sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Jika ingin mengunjungi semua destinasi tersebut, ada baiknya Anda mencari hotel murah di Depok untuk tempat menginap. Tunggu apa lagi? Dapatkan promo hotel murah hanya di Airy.

(Zaenal Arifin)