Jakarta, Aktual.co — Wali Kota Los Angeles berjanji mengurangi penggunaan air lokal sebesar 20 persen selama tiga tahun ke depan untuk mengatasi kekeringan melalui tindakan sukarela warga dan pembatasan wajib bagi departemen kota.
Menyikapi hal kekeringan ini, Wali Kota Eric Garcetti meminta warga untuk membatasi penyiraman rumput halaman mereka untuk dua kali seminggu dan memerintahkan departemen kota untuk mengurangi jadwal penyiraman rumput kota.
Garcetti memperingatkan bahwa jika mereka dan tindakan-tindakan lain tidak memenuhi tujuannya mengurangi pemakaian air di kota sebesar 20 persen pada 2017, Los Angeles dapat memaksakan pembatasan pengguanaan air wajib pada warga bahkan untuk mencuci mobil sekalipun.
Langkah ini diambil 10 bulan setelah Gubernur California Jerry Brown mengumumkan keadaan darurat akibat kekeringan berkepanjangan dan menyerukan pemotongan 20 persen penggunaan air secara sukarela.
“California Selatan pada umumnya telah melakukan pekerjaan yang luar biasa selama 20 tahun terakhir ini dan mampu tumbuh secara substansial tanpa menggunakan air lebih banyak,” kata Felicia Marcus, ketua Dewan Kontrol Negara Sumber Daya Air.
“Sekarang walikota Los Angeles Eric Garcetti memilih untuk meningkatkan kebijakannya, ini merupakan sebuah hal besar untuk dilihat,” Tambah Marcus.
Seorang pejabat California baru-baru ini mengumumkan bahwa konsumsi air di negara bagian itu pada bulan Agustus sebesar 11,5 persen lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.
Kekeringan yang melanda negara bagian tersebut diprediksi memakan biaya negara sekitar USD2,2 juta tahun ini, ditambah dengan hilangnya lebih dari 17.000 pekerjaan, karena para petani terpaksa meninggalkan beberapa lahan pertanian yang berharga, berdasarkan sebuah laporan oleh University of California di Davis bulan Juli lalu.
Sebelumnya Pemerintah Kota Los Angeles telah lama menawarkan insentif tunai kepada warga yang mengganti rumput halaman mereka dengan tanaman yang menggunakan lebih sedikit air dan lansekap.
Pada Selasa (14/10) Garcetti mengumumkan untuk meningkatkan insentif tersebut menjadi sekitar 40 dolar AS per meter persegi.
Dia juga memerintahkan Departemen tata Air dan Listrik Kota untuk memotong pembelian air impor dari daerah lain sebesar 50 persen pada tahun 2024.
“Kita harus dapat beradaptasi dengan air yang tersedia. Kebijakan penggunaan air yang terlebih dahulu sudah tidak dapat diterapkan lagi,” kata Garcetti dalam sebuah pernyataan.

()