Jakarta, Aktual.com – Kelompok terbang (Kloter) terakhir jemaah haji Indonesia gelombang kedua dijadwalkan pulang ke tanah air pada Sabtu (13/8) lusa.

“Insya Allah pada Sabtu pukul 12.30 waktu Arab Saudi akan diakhiri seluruh rangkaian pemulangan kloter haji terakhir,” ujar Kepala Satgas Arafah Satuan Operasional Masyair, Haryanto Sarpin dikutip dari RRI, Rabu (10/8).

Terkait hal itu, ungkap dia, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji. Apalagi, keluarga sudah menunggu para jemaah haji dari Arab Saudi.

“Insya Allah kita memberikan pelayanan terbaik. Jadi jangan khawatir, karena jemaah haji Indonesia diberikan pelayanan terbaik,” kata Haryanto menjelaskan.

Operasional haji kini terfokus di Madinah. Para jemaah yang diberangkatkan pada gelombang kedua sedang menyelesaikan ibadah Arbain, yakni salat wajib berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi. Mereka kemudian dipulangkan secara bertahap dari Madinah sejak 30 Juli lalu.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap para petugas haji tetap sehat, kembali ke rumah dengan selamat dan bisa berkumpul dengan keluarga masing-masing dengan penuh kegembiraan.

“Semoga para petugas haji yang juga ikut beribadah haji di sela-sela bertugas mendapat haji mabrur. Sekali lagi, saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi tinggi kepada para petugas haji,” tutur Menag.

(Andy Abdul Hamid)