Jakarta, Aktual.com – Manchester City meraih kemenangan meyakinkan 3-0 saat menjamu Bayern Muenchen dalam pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions di Etihad Stadium pada Rabu dini hari WIB (12/4).

City membuka keunggulan berkat gol Rodri di pertengahan babak pertama sebelum Bernardo Silva dan Erling Haaland masing-masing mencetak gol di babak kedua.

Kemenangan ini akan menjadi modal Manchester City saat bertamu ke markas Bayern Muenchen di leg kedua pada 20 April, demikian catatan laman resmi UEFA.

Manchester City langsung tampil menyerang sejak pertandingan dimulai. Peluang berbahaya pertama mereka terjadi pada menit ke-13.

Joshua Kimmich mengoper bola ke Yann Sommer, tetapi kiper tersebut mendapatkan tekanan dari Haaland dan hampir direbut sebelum bola dibuang ke sisi kanan.

Tembakan on target pertama City dibuat pada menit ke-21. Ilkay Gundogan memberikan umpan ke Jack Grealish yang kemudian memantulkan bola ke Haaland sebelum dia melepaskan tendangan kaki kiri di kotak penalti. Namun, arah bola mengarah tepat ke pelukan Sommer.

City akhirnya membuka skor pada menit ke-27. Bernardo Silva memberikan bola ke Rodri dari sisi kanan, gelandang Spanyol itu kemudian mengecoh pemain Bayern sebelum melepaskan tendangan jarak jauh yang gagal dihentikan Sommer. Skor menjadi 1-0.

Tim tuan rumah nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-34. Bola tendangan Gundogan di kotak penalti masih membentur kaki Sommer.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga turun minum. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 Manchester City.

Bayern langsung menyerang sejak babak kedua dimulai dan mengancam pada menit ke-48. Leroy Sane mendapatkan umpan terobosan, dia kemudian menggiring bola ke kotak penalti sebelum melepaskan tendangan kaki kiri. Namun, Ederson masih sigap untuk menepisnya.

City sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-70. Jack Grealish mencuri bola dari bek Bayern sebelum melakukan umpan backheel ke Haaland.

Penyerang Norwegia itu kemudian masuk ke kotak penalti dan mengirimkan umpan silang yang disundul Bernardo Silva menjadi gol. Skor menjadi 2-0.

Tiga menit kemudian, Manchester City memperbesar keunggulan mereka menjadi 3-0. Kali ini Haaland mencatatkan namanya di papan skor. Bermula dari umpan lambung Silva ke kotak penalti yang disundul John Stone sebelum disambar Haaland di tiang jauh.

Skor 3-0 untuk Manchester City menjadi hasil akhir pertandingan.

Susunan pemain
Manchester City (3-2-4-1): Ederson; Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; John Stones, Rodri; Bernardo Silva, Kevin De Bruyne (Julian Alvarez 68′), Ilkay Guendogan, Jack Grealish; Erling Haaland.

Bayern Muenchen (4-2-3-1): Yann Sommer; Alphonso Davies (Joao Cancelo 80′), Matthijs De Ligt, Dayot Upamecano, Benjamin Pavard; Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Leroy Sane, Jamal Musiala (Sadio Mane 69′), Kingsley Coman; Serge Gnabry (Thomas Mueller 80′).(Antara)

(Warto'i)