Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Debat Capres Putaran Ketiga yang menampilkan kedua Cawapres tersebut bertemakan Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan serta Sosial dan Kebudayaan. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI sekaligus Cawapres terpilih Prof. Dr. K.H Maruf Amin mengatakan Islam yang rahmatan lil alamin atau Islam yang menjadi rahmat bagi seluruh alam adalah Islam yang moderat.

“Islam yang rahmatan lil alamin itu Islam wasafii, Islam yang moderat,” katanya saat memberikan sambutan dalam acara Halal Bi Halal dan Seminar Sehari yang digelar dalam rangka milad Dewan Masjid Indonesia ke-47 di Jakarta, Rabu (18/7).

Ia mengatakan Islam yang moderat dapat dilihat dari cara seseorang berpikir dan bergerak. Cara berpikir yang moderat adalah cara berpikir yang tidak terlalu tekstual dan tidak terlalu liberal.

“Tekstual itu rigid tanpa penafsiran, liberal itu penafsirannya terlalu lebar tanpa batas,” katanya.

Cawapres terpilih untuk periode 2019-2024 itu mengatakan Islam yang rahmatan lil alamin adalah Islam yang wasatiyah atau Islam yang dinamis dan tidak kaku tetapi juga tidak memudah-mudahkan masalah.

(Abdul Hamid)