Sekjen DPP Partai Demokrat, Hinca Ip Panjaitan, saat memberikan rekomendasi lima pasangan calon pilkada di Papua dan empat pasangan calon di Sulawesi Tenggara di Kantor DPP partai Demokrat, Jakarta, Jumat (26/8/2016). Pasangan calon tersebut di usung partai demokrat karena memiliki tingkat elektabilitas dan popularitas tertinggi di daerah masing-masing.

Jakarta, Aktual.com – Partai Demokrat menyatakan masih terus menjalin komunikasi politik dengan partai peserta pemilu lainnya, untuk menemukan koalisi yang paripurna dalam Pilpres 2019.

“Biarkan komunikasi politik yang sedang dan terus terjadi ini berlanjut sampai menemukan koalisinya secara paripurna sebelum pendaftaran calon Presiden dan calon Wakil Presiden dibuka,” ujar Sekjen DPP Partai Semokrat Hinca Panjaitan saat dihubungi di Jakarta, Rabu (18/4).

Pernyataan Hinca itu dilontarkan terkait peluang Demokrat mendukung Presiden Jokowi dalam Pilpres 2019 dan kondisi hubungan politik antara Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Hinca mengatakan, hingga saat ini Partai Demokrat masih memegang teguh keputusan Rapimnas Demokrat, 10 Maret 2018 lalu di Sentul, Bogor, Jawa Barat, di mana pengumuman capres-cawapres Demokrat akan ditentukan pada waktu yang tepat.

Dia memastikan pengumuman itu akan dilakukan sebelum pendaftaran capres dan cawapres dibuka Komisi Pemilihan Umum RI tanggal 4-10 Agustus 2018. “Sampai saat ini belum ada putusan apapun,” jelas Hinca.