Umat muslim melaksanakan salat Tarawih pertama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (26/5) malam. Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1438 Hijriah jatuh pada hari Sabtu 27 Mei 2017. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Dewan Masjid Indonesia bersama Unilever Indonesia meluncurkan gerakan “Bersih-bersih Masjid” di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (8/5) menjelang Ramadhan yang nantinya kegiatan itu akan menyasar sekitar 2000 masjid di Pulau Jawa.

“Dengan bersih-bersih masjid ini agar masjid Indonesia yang jumlahnya hampir 800 ribu itu semua bergerak,” kata Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Terkait 2000 masjid yang menjadi program DMI dan Unilever itu, dia berharap masjid selain dalam program itu bisa tetap melakukan hal yang sama. Terlebih, kegiatan bersih-bersih merupakan kegiatan yang baik untuk dilakukan.

Kegiatan bersih-bersih, kata dia, akan menciptakan nuansa yang asri. Selain itu, dengan lingkungan yang bersih maka akan menghindarkan diri dari penyakit.

“Manakala kita bersih, maka penyakit akan jauh dari kita,” katanya.