Jakarta, Aktual.com — Baru saja diluncurkan sebagai Maskot Asian Games 2018, Drawa (dari kata Cendrawasih) langsung banjir kritik. Kemenpora selaku penanggungjawab Asian Games dinilai tidak serius menggarap even empat tahunan tersebut.

Salah satu kritik datang dari pengamat seni rupa Alumnus ITB Rosyidan yang bahkan sulit mengenali Maskot Asian Games 2018 tersebut.

“Ini Cendrawasih, ayam atau burung betet ya?. Banyak sekali desainer hebat di Indonesia, sayang sekali mereka tidak dilibatkan,” cetus Rosyidan memberikan kritik, kepada wartawan, di Jakarta, baru-baru ini.

Selain bentuknya yang dianggapp kurang berciri khas, Maskot Drawa masih dianggap mentah dari segi tampilan. Sehingga, selain mempertanyakan keseriusan Kemenpora dalam menghelat acara akbar multi olahraga, jangan-jangan akan sebanding lurus dengan prestasi Indonesia sebagai tuan rumah nantinya.

Tidak tahan dibanjiri kritik, Menpora Imam Nahrawi berjanji akan menyempurnakan Maskot Asian Games.

“Banyak yang memberikan kritik dan saran tentang Maskot Asian Games sehingga akan kami sempurnakan pada 2016. Kami tidak anti kritik dan menerima masukan dari banyak seniman tentang maskot ini,” kata Imam, di Jakarta, Senin (28/12).

Indonesia sudah meluncurkan logo dan Maskot Asian Games pada Minggu (27/12). Logo tersebut berupa siluet cenderawasih sementara maskot yang dinamakan Drawa memakai kostum pencak silat. Pencak silat adalah tanda olahraga pilihan sekaligus olahraga tradisional Indonesia.

“Pembuatan logo kami berikan kepercayaan kepada Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) selaku panitia penyelenggara Asian Games. Januari kami kembali melakukan sayembara untuk penyempurnaan Maskot tanpa mengubah bentuk aslinya,” terang Imam.

“Logo Asian Games sudah mendapat persetujuan dari OCA sementara maskot belum kami laporkan secara resmi kepada OCA (Komite Olimpiade Asia). Jadi, masih ada waktu untuk menyempurnakannya,” sambungnya.

Indonesia akan melakukan pertemuan dengan OCA sekitar Januari-Februari 2016 di Jakarta. Salah satu agendanya adalah melaporkan perkembangan persiapan Asian Games.

()