Jakarta, Aktual.com — Salah satu ‘online marketplace’ di Indonesia yaitu Bukalapak, hari ini meluncurkan Kampanye “Pahlawan Pelapak” yang bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang bertujuan untuk memajukan para pelaku Ekonomi Kreatif agar dapat bersaing pada era MEA melalui pemanfaatan digital.

Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif menyampaikan, bahwa Bekraf menyambut baik kerjasama yang dilakukan bersama pihak Bukalapak.

“Bekraf menyambut baik kerjasama yang akan kami lakukan dengan Bukalapak. Bukalapak memiliki misi untuk bersama-sama memajukan para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia,” tutur Triawan, kepada Aktual.com, dalam Konferensi Press di Gedung Bukalapak, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (12/04).

Kemudian Triawan melanjutkan, bahwa ada tujuh di antara 16 subsektor industri kreatif yang menjadi fokus utama Bekraf, yakni fashion, kuliner, kerajinan, musik, desain komunikasi visual, aplikasi dan pengembangan game, hingga seni rupa.

Menurut ia, tujuh subsektor tersebut dapat dikembangkan melalui Bukalapak.

Dalam hal ini pihak Bekraf mengungkapkan, bahwa mereka akan memfasilitasi bagi para pelaku ekonomi agar dapat bersaing di MEA melalui Bukalapak.

“Kita juga memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif ini agar dapat terus terkoneksi, terhubung dan bersaing di MEA melalu aplikasi Bukalapak,” imbuh Triawan.

Triawan berharap, bahwa kerjasama antara Bekraf dengan Bukalapak dapat membuat UKM Indonesia lebih berkembang.

“Kerja sama ini diharapkan dapat membantu mereka untuk menemukan pelaku UKM yang pantas untuk diberikan modal,” katanya lagi.

Bentuk kerjasama Bukalapak dengan Bekraf antara lain menyediakan akses bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mendapatkan modal, mengedukasi mengenai hak kekayaan intelektual, pengembangan kompetensi produk yang diedukasi oleh duta ‘Pelapak terbaik’ ke UKM di daerah, dan pengembangan talenta IT.

()