Panyabungan, aktual.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Tradisonal Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal , Sumatera Utara, Selasa (8/11).

Dalam pemantauan tersebut, Mendag Zulkifli Hasan menyebutkan pihaknya tidak menemukan adanya keluhan dari para pedagang di pasar itu.

Dalam kesempatan itu ia juga mengungkapkan persediaan bahan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru 2023 dalam kondisi cukup.

“Alhamdulillah stok cukup, ayam banyak, telor cukup, cabai cukup, beras banyak. Jadi, bahan-bahan cukup untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Sementara terkait upaya menekan harga dan menjamin ketersediaan kacang kedelai di Indonesia, Mendag Zulkifli menyebutkan pemerintah akan mengimpor 350 ton kacang kedelai.

“Sekarang kedelai memang masih cukup tinggi. Presiden sudah menugaskan kepada Bulog dalam rapat kemarin. Nanti Bulog akan mengimpor 350 ton kedelai. Sampainya kan agak jauh 40 sampai 50 hari. Maka kita perkirakan akhir Desember selambat-lambatnya Januari harganya sudah bisa Rp10.000 sampai Rp11.000,” katanya.

Mendag Zulkifli Hasan selama kunjungan ke Mandailing Natal akan melakukan sejumlah agenda.

Selain melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Panyabungan, Zulkifli Hasan juga dijadwalkan menghadiri gebyar Muktamar Muhammadiyah di lapangan Aek Godang, Desa Parbangunan, Panyabungan. Kemudian silaturrahim ke pesantren Darul Ikhlas, Dalan Lidang, Panyabungan.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)