Mendikbud Muhadjir Effendy mengikuti rapat kerja dengan Komite III DPD di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (31/1). Raker itu membahas persiapan pelaksanaan ujian nasional dan program kerja Kemendikbud tahun 2017. ANTARAFOTO/Wahyu Putro A/pd/17

Jakarta, Aktual.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy mengajak seluruh masyarakat terutama generasi muda untuk melestarikan permainan tradisional.

“Kita ingin menggali permainan-permainan anak yang ada di masing-masing daerah,” kata dia di sela-sela kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional di kawasan Istora Senayan, Jakarta, Ahad (6/10).

Ia mengatakan berbagai permainan tradisional mulai jarang dimainkan oleh anak, bahkan tidak dikenal oleh generasi saat ini. Oleh karena itu, perlu ada upaya pelestarian secara berkesinambungan.

Berbagai permainan tradisional yang diselenggarakan pada pekan kebudayaan nasional yaitu congklak, egrang, lompat karet, gasing, lari balok, taplak (engklek) dan lain sebagainya.

Beragam permainan tradisional tersebut diharapkan Muhadjir Effendy dapat memacu minat dan kemauan anak-anak Indonesia untuk terus mencintai kebudayaan asli Tanah Air.

“Pada intinya kita ingin mengembalikan permainan anak yang berbasis budaya Indonesia,” ujar dia.

(Abdul Hamid)