Petugas memeriksa komputer yang akan digunakan siswa untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 1 Jakarta, Sabtu (7/5). Dari total 1.534 SMP atau sederajat di Jakarta hanya 109 sekolah yang melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK) dan sebanyak 1.425 sekolah lainnya masih melaksanakan UN Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) yang dilangsungkan serentak pada 9-12 Mei 2016 di seluruh Indonesia. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww/16.

Jakarta, Aktual.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan bahwa tidak ada toleransi lagi bagi sekolah yang melakukan kecurangan dengan memberikan bocoran soal kepada siswa.

“Kalau yang sekarang pasti kena sanksi. Ada bukti cukup, kita proses di samping pelanggaran disiplin, akan kami pidanakan perkara kriminal,” kata Muhadjir di Kendari, Minggu (2/4).

Dia menjelaskan bahwa soal-soal ujian nasional merupakan dokumen rahasia negara yang apabila diketahui bocor bisa ditindak secara pidana.

Sementara kasus bocornya soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), beberapa waktu lalu, lanjut Muhadjir, sedang dalam proses penindakan berkoordinasi dengan Kementerian Agama karena kasus yang terjadi pada sekolah madrasah.

(Eka)
1
2