Jakarta, Aktual.co — Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Sofyan Djalil akan memberikan insentif pada kawasan industri karena pertumbuhan manufaktur di Indonesia dinilai masih kecil

“Kalau mereka butuh perumahan nanti akan kita sediakan. Pada kawasan industri mereka pasti membutuhkan rusunawa,” ujar Sofyan di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (25/11).

Pemerintah juga akan melihat kebutuhan di kawasan industri. Sehingga nantinya akan memudahkan mobilitas para pekerja dan mencari kebutuhan pokok sehari-hari.

“Misalnya pemberian jalan tol ke kawasan industri atau koneksi kereta api ke kawasan industri. Tahun depan saya kira sudah bisa dimulai insentif itu,” jelasnya.

Pemberian insentif ini menjadi penting, mengingat Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan dilakukan tahun depan. Menurutnya, pemberian insentif agar industri yang di luar negeri dan tidak kompetitif bisa pindah ke Indonesia.

“Banyak orang yang punya pabrik kemudian meninggalkan pabiknya dan jadi importir. Ini yang harus diperhatikan. Kita maunya mereka pindah lagi ke Indonesia,” pungkasnya.

()

(Eka)