Jakarta, Aktual.com – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan langkah Menteri ESDM Sudirman Said yang melapor ke MKD DPR bukan instruksi Presiden.

“Ya, langkah itu (laporan ke MKD) bukan intruksi presiden,” katanya saat mengkonfirmasi mengenai pernyataannya di Koran The Jakarta Post yang menyatakan langkah Menteri Sudirman tidak diberitahukan lebih dahulu ke Presiden Jokowi. (Baca: Freeport VOC Gaya Baru)

Luhut menyampaikan ini dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (19/11).

Seperti diketahui, saat disingung sikap Menteri ESDM Sudirman Said tentang pelaporan itu, Luhut mengatakan bahwa menteri ESDM belum mendapatkan perintah untuk melaporkan ke MKD.

“Presiden mengatakan kepada saya bahwa dia tidak pernah menginstruksikan Sudirman untuk mengajukan laporan itu ke MKD, tapi beliau tahu siapa orang-orang di belakang sudirman yang mengatur plot itu,” tukas Luhut seperti dikutip Harian The Jakarta Post.

Sebelumnya, Menteri ESDM Sudirman Said mengklaim sebelum melakukan pelaporan dugaan pertemuan petinggi Freeport itu, sudah berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain itu, Sudirman kembali mengklaim baik presiden maupun wakil presiden mendukung langkahnya melapor ke MKD. Karena itu, dia merasa percaya diri dan berani mengadu ke DPR.

()