Jakarta, aktual.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan secara objektif situasi di Papua akhir-akhir ini sudah lebih kondusif.

“Secara umum kalau anda lihat secara fisik kan bagus akhir-akhir ini, tidak lagi mencekam. Objektifnya, bukan dibuat-buat gitu,” katanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (29/10).

Apalagi, kata dia, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo baru saja melakukan kunjungan ke Papua yang menunjukkan situasi yang telah kondusif.

Bahkan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengatakan Presiden Jokowi beserta Ibu Negara juga menyempatkan berkeliling dan menyaksikan matahari terbenam di Papua.

“Kemarin seperti kita lihat, Presiden dan Ibu Iriana berkunjung ke sana dan sempat bernyanyi dan menari di pinggir pantai. Kalau Gus Dur dulu melihat matahari terbit, Pak Jokowi dan Ibu Iriana melihat matahari terbenam,” katanya.

Diakui Mahfud, perkembangan situasi di Papua memang masih harus diwaspadai, tetapi relatif sudah kondusif sehingga seluruh pihak harus mendorong kenyamanan dan keamanan di seluruh Indonesia.

Selain itu, Mahfud juga sudah bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang melaporkan situasi dan kondisi di Papua sekarang ini yang sudah lebih kondusif.

“Saya tadi ketemu Mendagri, Pak Tito Karnavian, ya, untuk mencocokkan informasi masalah politik, dan keamanan. Utamanya menyangkut Papua. Nah, situasi di Papua sekarang sudah relatif lebih kondusif,” katanya.

Para pelaku gerakan kriminal bersenjata (KKB) yang selama ini meresahkan, kata Mahfud, juga sudah dapat diidentifikasi.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian menemui Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam.

Tito menyampaikan kedatangannya untuk melaporkan situasi di Papua dari hasil mendampingi Presiden berkunjung ke wilayah itu, sekaligus koordinasi sebagai menteri di bawah Kemenko Polhukam.

Ant.

(Zaenal Arifin)