Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno disambut warga saat berkunjung ke Desa Wisata Religi Bubohu, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Jakarta, Aktual.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno hadir dalam peluncuran calender of event “Banyuwangi Festival 2022” yang mengusung semangat pemulihan ekonomi.

Banyuwangi Festival 2022 yang berlangsung di Gesibu Taman Blambangan diluncurkan secara virtual bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

“Ini adalah momentum yang paling dinanti. Karena Banyuwangi Festival akan memberikan dampak positif pada sosial ekonomi bagi masyarakat Banyuwangi,” kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, Sabtu (29/1).

Tidak hanya agenda pariwisata, Sandiaga menyampaikan berbagai sektor mulai pelayanan publik, UMKM, kesehatan, pendidikan, dan lainnya diangkat di Banyuwangi Festival tahun ini.

“Banyuwangi adalah etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia. Saya garis bawahi, terbaik di Indonesia. Di Banyuwangi kita bisa melihat pemulihan pariwisata yang cukup cepat. Ada 99 event Banyuwangi Festival, kita akan melihat banyaknya kearifan lokal dan daya tarik Banyuwangi. Selamat bagi Banyuwangi,” ujar Sandiaga.

Sementara, Bupati Ipuk Fiestiandani mengatakan Banyuwangi Festival merupakan bagian dari Banyuwangi Rebound, yang menjadi sebuah gerakan bersama.

“Sama seperti dulu kita menggelorakan gerakan bersama I Love Banyuwangi untuk menumbuhkan rasa cinta pada Banyuwangi. Kali ini kami gelorakan gerakan bersama untuk bangkit setelah semua sektor terdampak karena pandemi. Sudah saatnya, 2022 kita bangkit. Kita gotong royong dan bekerja sama untuk rebound. Tidak hanya berbicara tentang pariwisata dan UMKM, tapi semua sektor harus rebound,” kata Ipuk.

Ipuk menambahkan semua sektor diangkat di Banyuwangi Festival tahun ini, dengan tetap mempertahankan atraksi wisata olahraga dan seni budaya yang menjadi daya tarik wisatawan, berbagai sektor digelar dalam Banyuwangi Festival.

(Wisnu)