Menteri Sosial Idrus Marham (kanan), Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (tengah) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengikuti Rapat Konsultasi, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (1/2). Rapat yang juga diikuti oleh Pimpinan Komisi VIII, Komisi IX, Komisi X DPR serta perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kementerian ESDM, Kemenhub, Kemendagri, Polri dan TNI, membahas tindak lanjut penanganan Kejadian Luar Biasa (KLB) Wabah Campak dan Gizi Buruk di Kabupaten Asmat, Papua. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan bahwa bulan Februari merupakan bulan tuntas bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama 2018.

“Dari 10 juta KPM tahun 2018, saat ini 60 persen bantuan sosial sudah tersalurkan. Tinggal daerah-daerah yang aksesnya sulit dijangkau yang sedang dalam tahap pencairan,” kata Mensos di Jakarta, Senin (19/2).

Untuk itu ia telah menginstruksikan kepada tim Kementerian Sosial bersama Jajaran Bank Himbara agar bekerja keras mewujudkan target Februari Tuntas.

Mensos juga mengatakan jumlah penerima PKH sedang dikaji untuk ditambah berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan PKH yang menunjukkan efektivitas yang tinggi dalam pengurangan kemiskinan.

“Hal ini sesuai arahan dan komitmen Presiden Joko Widodo agar kemiskinan di Indonesia dari tahun ke tahun dapat dikurangi. Maka saat ini kami sudah lakukan kajian dan langkah-langkah untuk penambahan KPM tahun depan,” katanya.

(Andy Abdul Hamid)