Medan, Aktual.com – Menteri Sosial Juliari Batubara menyerukan pentingnya meningkatkan kecintaan pada Tanah Air pada peringatan Hari Pahlawan.

“Jangan biarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang telah dibangun para pendahulu negeri ini dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia,” katanya dalam sambutan yang dibacakan oleh Inspektorat Kodam I/Bukit Barisan Kolonel Inf R Sidharta Wisnu Graha dalam upacara di Makodam I/Bukit Barisan Medan, Minggu (10/11).

“Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak bercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain,” katanya.

Ia mengatakan, peringatan Hari Pahlawan hendaknya mendorong kerja-kerja untuk membangun negeri menuju Indonesia maju.

“Kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa┬ákini sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 ‘Aku Pahlawan Masa Kini’,” katanya.

Menteri Sosial mengatakan siapapun bisa menjadi pahlawan masa kini dengan melakukan aksi nyata untuk memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks, dan tidak melakukan perbuatan yang merugikan orang lain.

(Arbie Marwan)