Pemerintah RI mengirimkan lebih dari 20 ton bahan pangan sebagai bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Wakil Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana (MDMC) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Rahmawati Husein meminta agar pemberian bantuan kemanusiaan internasional diubah perspektifnya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

“Organisasi internasional perlu melihat mekanisme yang dipakai di negara tujuan, tidak asal datang tanpa memahami arsitektur kemanusiaan,” kata Rahmawatu saat menjadi panelis dalam Panel Tinggi PBB di Genewa ditulis Jumat (28/6).

Rahmawati juga mengatakan organisasi internasional perlu bekerja sama dengan organisasi lokal secara sejajar, tidak mengarahkan sesuai keinginan atau praktik seperti yang biasa mereka lakukan.

Para pelaku internasional perlu mencari tahu pemain lokal, memahami cara kerja organisasi lokal, dan mendukung upaya yang tengah dilakukan, bukan malah sebaliknya.

“Organisasi internasional perlu memahami semua aktor baik pemerintah di tingkat pusat maupun daerah, kelompok swasta, organisasi nonpemerintah, lembaga swadaya masyarakat, komunitas, kampus dan sebagainya,” tutur salah satu pengarah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.

(Abdul Hamid)