Jakarta, Aktual.com – Napoli melanjutkan catatan sapu bersih mereka di awal musim Liga Italia saat mencukur tuan rumah Sampdoria 4-0 dalam laga pekan kelima di Stadion Luigi Ferraris, Kamis (23/9) waktu setempat (Jumat WIB).

Victor Osimhen mengemas dwigol diikuti sumbangan gol-gol Fabian Ruiz dan Piotr Zielinski yang membuat Napoli membukukan kemenangan kelima dalam lima pertandingan pertamanya musim ini.

Napoli kembali mengamankan posisi puncak klasemen dengan koleksi 15 poin penuh, setelah sempat disalip Inter Milan (13) dua hari sebelumnya.

Sedangkan Sampdoria, yang kini sudah tiga pertandingan kandang nirmenang, melorot ke urutan ke-13 dengan lima poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Anak-anak asuh Luciano Spalletti tampil agresif sejak sepak mula dan mampu membuka keunggulan pada menit ke-10 saat umpan Lorenzo Insigne diselesaikan dengan sontekan jarak dekat Osimhen.

Tuan rumah berusaha membalas tetapi percobaan-percobaan akurat dari Adrien Silva, Maya Yoshida dan Antonio Candreva masih bisa diamankan oleh kiper David Ospina.

Sukses meredam serangan-serangan Sampdoria, Napoli melanjutkannya dengan menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-39 melalui tembakan jarak jauh Ruiz yang bersarang ke pojok kiri bawah gawang tuan rumah.

Tiga menit berselang, Sampdoria mengancam lagi, tetapi Ospina cukup sigap untuk mementahkan tembakan Francesco Caputo sebelum Kalidou Koulibaly menyapu bola.

Memasuki babak kedua dalam keadaan unggul 2-0, Napoli memperlebar marjin kepemimpinan mereka melalui gol kedua Osimhen yang meneruskan umpan silang Hirving Lozano pada menit ke-50.

Sembilan menit kemudian, Lozano kembali menyajikan umpan akurat yang diselesaikan dengan sempurna oleh Zielinski untuk menaklukkan kiper Emil Audero.

Pertandingan terus berlangsung terbuka hingga peluit tanda bubaran terdengar, tetapi skor 4-0 bagi Napoli tak berubah.

Kedua tim merumput lagi pada Minggu nanti saat Napoli menjamu Cagliari di Stadion Diego Armando Maradona dan Sampdoria bertandang ke Stadion Allianz menantang Juventus. (Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)