Pesepakbola Neymar Jr (Reuters)

Nike resmi berpisah dengan Neymar dan mengakhiri salah satu kesepakatan sponsor tertinggi satu setengah dekade dengan striker klub Paris Saint-Germain (PSG) itu.

“Saya bisa mengkonfirmasi bahwa Neymar memang bukan lagi atlet Nike,” kata juru bicara raksasa bisnis pakaian olahraga AS itu dalam email kepada AFP, Sabtu (29/8) kemarin tanpa memberikan rincian.

Rumor bahkan menyebut pemain Brasil berusia 28 tahun itu sedang dalam pembicaraan dengan saingan Nike, Puma.

Surat kabar Brasil Folha de Sao Paulo mengatakan kontrak terakhir Neymar dengan Nike adalah kontrak 11 tahun yang akan berakhir pada 2022. Dengan nilai total kontrak sebesar USD 105 juta.

Sebagai informasi, Neymar memegang rekor transfer sepakbola termahal dalam sejarah. PSG membayar 222 juta euro untuk mendatangkannya dari Barcelona pada 2017 lalu.

Neymar menandatangani kontrak pertamanya dengan Nike saat menjadi pemain muda yang menonjol di klub Brasil Santos.

Nama Neymar sempat tercemar karena tuduhan penipuan pajak dan tuduhan perkosaan yang dialamatkan kepadanya.

Nike mengungkapkan keprihatinannya yang mendalam pada saat itu, tetapi tetap mendampingi pemain tersebut.

Meski demikian, Neymar akan tetap mengenakan merk Nike di lapangan, dimana pada saat bersamaan Nike juga mensponsori PSG dan tim nasional Brasil.

Nike mensponsori banyak nama ikonik dalam olahraga, termasuk Michael Jordan, LeBron James, Cristiano Ronaldo, Serena Williams, Tiger Woods dan Rory McIlroy.

(AFP/ NST)

(Megel Jekson)