Jakarta, Aktual.com – Bakal Calon Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengapresiasi pemberian gelar pahlawan nasional kepada Bernard Wilhem (BW) Lapian oleh pemerintah pada Kamis (5/11).

“Sebagai warga Sulut, kami memberi apresiasi kepada pemerintah pusat, dalam hal ini bapak Presiden Joko Widodo yang menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada BW Lapian. Kami juga mengucapkan selamat kepada pihak keluarga,” kata Olly dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (6/11).

Bendahara Umum PDI Perjuangan ini berharap gelar pahlawan nasional untuk BW Lapian ini bisa menginspirasi warga Sulut, khususnya para generasi muda, untuk memberikan yang terbaik bagi daerah dan bagi bangsa.

“Apa yang dilakukan BW lapian, puluhan tahun lalu itu harus menginspirasi kita semua, untuk melakukan yang terbaik demi Sulut yang lebih hebat,” ujar Olly.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis, memberikan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh yang telah dianggap berjasa besar bagi Bangsa Indonesia.

Pemberian gelar pahlawan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116/TK/ Tahun 2015.

Kelima tokoh yang mendapat gelar pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi, yaitu Almarhum Bernard Wilhem Lapian (Tokoh Provinsi Sumatera Utara), Almarmum Mas Isman (Tokoh Provinsi Jawa Timur), dan Almarhun Komjen (Pol) Dr H Moehammad Jasin (Tokoh Jawa Timur), Almarhum I Gusti Ngurah Made Agung (Tokoh Provinsi Bali) dan Almarhum Ki Bagus Hadikusumo (Tokoh Muhammadiyah dari Provinsi Yogyakarta).

Ada pun tanda jasa untuk BW Lapian diberikan Presiden Joko Widodo kepada ahli waris Louisa Magdalena Gandhi Lapian.

Gelar pahlawan diberikan kepada Almarhum Benhard Wilhem Lapian yang merupakan sosok yang ikut merebut kekuasaan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, terutama terlibat aktif dalam peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946.

Peristiwa heroik merebut tangsi militer Belanda di Teling Manado itu dilakukan para pemuda di bawah komando Letkol CH Taulu, Serda SD Wuisan, Bernhard Wilhem Lapian yang merobek bagian biru Bendera Belanda sehingga bendera Merah Putih berkibar.

(Ant)

()