Jakarta, Aktual.co — Multi-jutawan Nigeria Aliko Dangote menyatakan keinginannya untuk membantu Liberia memerangi penyebaran penyakit virus Ebola.

Dangote, multi-jutawan penanam modal Nigeria dan seorang industriawan, menyampaikan komitmennya dalam percakapan telepon dengan Presiden Ellen Johnson Sirleaf pada Jumat (17/10), kata satu pernyataan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Liberia, Ahad (19/10).

Warga negara Nigeria tersebut secara suka rela akan membantu Libieria dengan menyediakan personel medis dan sumber daya manusia serta barang lain dengan tujuan mengekang penyebaran virus tersebut, tambah pernyataan itu.

Ia berjanji organisasi amalnya, Dangote Foundation, akan bekerjasama dengan kantor pemimpin Liberia tersebut untuk memastikan bantuan apa yang dapat disediakan mulai dari personel medis sampai pekerja lain perawatan kesehatan profesional.

Presiden Sirleaf berterima-kasih kepada Dangote atas bantuan yang dijanjikannya dan memuji pengusaha Nigeria itu karena mengulurkan tangan kepada pemerintah dan rakyat Liberia, demikian laporan Xinhua Senin (20/10).

Presiden Liberia tersebut mengatakan bantuan itu akan melewati jalan panjang guna membantu membangun kembali sistem perawatan kesehatan negerinya dengan penyediaan personel perawatan kesehatan serta dokter medis yang sangat ahli selama masa kritis saat ini akibat penyakit virus Ebola.

Dangote oleh Majalah Forbes dikategorikan sebagai orang terkaya ke-23 di dunia dan orang paling kaya di Afrika.

Liberia termasuk di antara tiga negara Afrika yang paling parah dirongrong Ebola dan telah kehilangan lebih dari 4.000 warganya. Pekerja perawatan kesehatan adalah yang paling berat mengalami pukulan.

()

()