Jakarta, Aktual.com – Urusan sampah kantong plastik ternyata jadi salah satu yang disampaikan di acara puncak peringatan HUT ke-17 ormas sayap dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Garda Bangsa di Gelora Bung Karno (GBK) Minggu (13/3).

Ketua Umum Dewan Koordinasi Nasional (DKN) Garda Bangsa Cucun A Syamsurijal beralasan berkampanye mengurangi penggunaan kantong plastik karena miris melihat Indonesia.

Kata dia, penggunaan kantong plastik di Indonesia tinggi. Padahal plastik sulit untuk didaur ulang, sehingga sangat berbahaya untuk kehidupan generasi Indonesia mendatang.

“Kami ingin mengajak seluruh insan di Indonesia untuk diet penggunaan kantong plastik, dan beralih menggunakan kantong dari kain yang bisa digunakan berulang-ulang,” kata dia, melalui siaran pers yang diterima Aktual.com, Minggu (13/3).

Data terbaru penggunaan kantong plastik, Indonesia menempati ranking kedua se-dunia. Ujar dia, 80 persen sampah di laut berasal dari daratan dan 90 persen di antaranya berupa sampah plastik.

“Berdasar data aktivis lingkungan, faktanya setiap tahun jutaan biota laut mati, seperti penyu, ikan, burung dan lainnya, karena gara-gara plastik. Kondisi seperti ini jangan kita biarkan,” tandas Kang Cucun, panggilan akrabnya.

()