PGN-Pertamina

Jakarta, Aktual.com – PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus memperluas jaringan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi ke berbagai daerah. Kali ini, gas bumi PGN yang aman, efisien, dan ramah lingkungan ini dinikmati oleh sebuah pabrik sohun di Cirebon, Jawa Barat.

“Kami baru saja memasok gas bumi ke PT Nusantara Top yang memproduksi makanan berupa sohun dan gula batu,” kata Sales Area Head PGN Cirebon, Ade Sutisna, Jumat (8/12).

Ade mengatakan, gas bumi PGN sudah mengalir ke pabrik Nusantara Top sejak 5 Desember 2017 lalu. Gas bumi ini akan digunakan untuk burner. PGN mengalokasikan gas dengan kapasitas 1.001-10.000 meter kubik per bulan ke pabrik ini.

Pemilik PT Nusantara Top, Ramlan mengatakan, selama ini pabriknya yang berlokasi di Desa Luwung, Kecamatan Mundu, Cirebon ini menggunakan LPG dan Solar untuk bahan bakar. “Kendala kami saat-saat tertentu LPG sering langka serta setiap bulannya harus mengisi tangki solar,” kata Ramlan.

Dengan beralih ke gas bumi PGN yang disalurkan lewat pipa, Ramlan berharap bisa mendapat kepastian pasokan dan menekan ongkos produksi. “Kami hitung, dengan gas bumi saving cost bisa 30-45 %,” kata Ramlan.

(Andy AbdulHamid)