Jayapura, Aktual.com – Partai Amanat Nasional (PAN) Papua merapatkan barisan untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Papua, Abock Busup di sela-sela perayaan HUT ke-22 PAN di salah satu hotel ternama di Kota Jayapura, Ahad (24/8), mengatakan dari 11 kabupaten yang akan menggelar pesta demokrasi, tiga kabupaten di antaranya kader atau pengurus partai berlambang matahari itu maju sebagai peserta, baik bupati atau wakil bupati.

“Ini semua kami rapatkan barisan untuk menangkan pilkada. Dari 11 kabupaten yang menggelar pilkada, tujuh kabupaten di antaranya kami punya kursi di dewan setempat, empat kabupaten kami koalisi untuk mengusung kepala daerah dan tiga di antaranya kami mengusung langsung, yaitu di Kabupaten Yahukimo, Yalimo dan Supiori,” katanya didampingi penasehat, petinggi dan pengurus partai seperti Rustan Saru dan Jhon Runtuboy.

Untuk di Kabupaten Yahukimo, Abock menyatakan diri maju menjadi calon kepala daerah untuk periode kedua berpasangan dengan wakilnya saat ini, Yulianus Heluka dengan dukungan mencapai 75 persen suara dari partai atau 24 kursi di DPRD dengan delapan partai pengusung.

“Yakni Partai PAN sembilan kursi, PKB empat kursi, Demokrat tiga kursi, PPP satu kursi, PSI satu kursi, PBB satu kursi, dan PKS satu kursi, ini semua sudah ada dukungan resmi B1KWK dari partai. Kami akan mendaftar pada 4 September 2020 di KPU Yahukimo,” katanya.

Mengenai HUT ke-22 PAN Papua, Abock yang juga merupakan Bupati Yahukimo itu mengatakan akan dibuat sebagus mungkin, namun melihat situasi terkini ditengah pandemi corona atau COVID-19 dan mengikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan maka dibuat secara sederhana dengan mengundang para petinggi partai ataupun pengurus terhadulu.

“Kami ketahui bersama bahwa PAN Papua mengalami kemajuan yang luar biasa, sejak berdiri pada 1998 dan pertama kali ikut pemilu pada 2009, 2004, 2009, 2014 dan 2019 menjadi tonggak sejarah bahwa PAN di Papua makin eksis dengan mengirim dua legislator di DPR RI, enam legislator di DPRP hingga bisa memiliki satu fraksi dan 70 legislator di kabupaten/kota,” katanya.

“Keberhasilan ini patut untuk kita syukuri dan momentum ini harus saya sampaikan kemajuan partai yang saya pimpin, karena ini semua merupakan keberhasilan bersama para kader dan pengurus yang ingin majukan partai. Dan ini berimbas pada kebijakan bahwa kader atau pengurus yang ingin maju jadi kepala daerah itu tidak pakai mahar, kami dahulukan kepentingan partai,” lanjutnya.

Ke depan, lanjut Abock, guna memajukan agar partai PAN dan meraup suara terbanyak pada pilkada ataupun pemilu yang akan datang, milenial Papua akan menjadi target utama untuk diajak bergabung mengusung visi-misi partai dalam membangun Papua dan Indonesia dari timur.

“Tentunya kader termuda kami yang ada di DPRP akan menjadi corong dan contoh, bahwa PAN menyediakan tempat yang sangat luas, sangat lebar bagi kaum milenial Papua yang ingin menjadi politikus handal, menjadi pemimpin masa depan Papua. PAN inginkan kemajuan bangsa,” katanya. (Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)