Pasukan saat mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Korps Marinir TNI AL di Lapangan Apel Brigif 2 Cilandak, Jakarta, Rabu (15/11). HUT bertema 'Marinir Prajurit Pejuang dan Profesional' ini diikuti 3.500 prajurit. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa TNI selalu siap mendukung dan membantu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam pengamanan dan keamanan pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

“Kita siap membantu apabila masuk ke wilayah rawan konflik dan terpencil dalam melaksanakan tugasnya demi kepentingan dan kelancaran tugas Bawaslu. TNI selalu siap membantu, kalau itu untuk kepentingan dan keselamatan bangsa,” kata Panglima TNI saat menerima kunjungan Ketua Bawaslu Abhan, di Kantor Panglima TNI, Merdeka Barat, Jakarta, Senin (19/2).

Dikatakannya, sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab TNI dalam menjaga keselamatan bangsa dan negara.

“TNI tetap berkomitmen dan menjunjung tinggi netralitas, hal ini tidak bisa ditawar-tawar lagi,” kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini.

Ketua Bawaslu RI Abhan mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang berkenan menerima audiensi dan silaturahmi sekaligus menyampaikan hal-hal penting terkait pelaksanaan pengawasan Pilkada, Pileg dan Pemilu.

(Andy AbdulHamid)