Jakarta, Aktual.com — Ketua DPD PDI-P DKI Boy Sadikin mewacanakan untuk menyatukan partai politik (parpol) saat Pilkada DKI Jakarta tahun 2017.

Pengamat Politik IndoStrategi Pangi Syarwi Chaniago menilai sepertinya PDIP sedang mengatur siasat bagaimana melakukan penyatuan parpol (fusi politik) untuk melawan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok sebagai calon independen (Baca: KMP dan KIH Akan Bersatu Pada Pilkada DKI 2017).

“Sudah ada sinyal dari parpol untuk bersatu asal jangan Ahok. Artinya parpol yang dinahkodai PDIP menjadikan Ahok sebagai ‘musuh bersama’,” ujar Pangi di Jakarta, Selasa (29/3).

Dia menjelaskan, jika ingin menang lawan Ahok, maka jalan satu-satunya adalah pilgub DKI cukup diwarnai dua pasangan saja. Yakni, Ahok dari independen dan satu lagi calon yang memakai tandu parpol.

Menurut Pangi, tim Ahok saat ini tengah membangun wacana dan opini ke publik bahwa calon yang akan maju pada pilkada DKI 2017 lebih dari dua calon. Sebab, semakin menjamur calon, kemenangan semakin di depan mata.

()