Presiden Partai Buruh, Said Iqbal beserta elite partai usai menyerahkan dokumen partai di kantor KPU RI, Menyeng, Jakarta Pusat, Jumat (12/8).
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal beserta elite partai usai menyerahkan dokumen partai di kantor KPU RI, Menyeng, Jakarta Pusat, Jumat (12/8).

Jakarta, Aktual.com – Presiden Partai Buruh, Said Iqbal beserta jajaran resmi daftarkan partainya ke Kantor KPU RI untuk menjadi calon peserta Pemilu 2024. Mereka optimis bisa lolos ambang batas parlemen atau parliamanetary threshold 4%.

“Anggota kita yang sekarang anggota organisasi partai buruh tuh 10 juta dengan keluarga kan bisa 15 juta. Targetnya 4 persen, 4 persen dari suara sah nasional. Kalau kita anggap suara sah nasional adalah yang sama 2019 seratus sekian juta atau 140 juta kali 4 persen maka 5,6 juta,” ujar Presiden Partai Buruh Said Iqbal kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jumat (12/8) siang.

Said mengatakan dia menargetkan mendapat suara penuh di lima provinsi emas, yaitu Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Kepulauan Riau. Bahkan dia sudah memetakan akan mendapat 3 juta suara dari Provinsi Jawa Barat, satu juta suara dari Provinsi Banten, satu juta suara dari Provinsi Jawa Timur, 750 ribu suara dari Provinsi DKI Jakarta dan 750 ribu suara dari Kepulauan Riau.

“Ini pemetaan yang benar bukan blufing-blufing yang benar harus dibilang bener supaya nanti tidak dicurangi maka target 5,6 juta tercapai,” kata Said.

“Kira-kira 20 kursi, dan 5 kursi bupati akan kami raih. Satu, Kabupaten Bekasi, yakin, haqul yakin Bupati Bekasi menang. Kota Bekasi kotanya buruh juga pasti menang. Kota Jayapura pasti menang, keempat dan kelima mungkin kami ambil Wakil Bupati atau Wakil Walikota ada Karawang ada Purwakarta, ada Pasuruan dan ada di Depok. Itu target kami, insyaallah pasti menang,” sambungnya.

Selanjutnya untuk kursi DPRD Provinsi, Partai Buruh menargetkan lima persen dari total kursi yang ada. Namun, secara khusus dia mengatakan untuk Kabupaten/Kota Bekasi, Kota Batam dan Kabupaten Karawang akan tampil all out.

“Ketua DPRD harus dari partai buruh berarti nomor 1. Di Jakarta target kami nomor 3, nggak main-main nomor 3 dan di beberapa kota kami mengharapkan minimal lima besar,” katanya.

Said Iqbal juga mengatakan telah menargetkan masa Pemilu 2029 mendatang akan menjadi partai tengah. Kemudian, dia juga optimis pada Pemilu 2034 kader dari Partai Buruh akan menjadi Presiden Republik Indonesia.

“Tadi kami sampaikan, kita memang masih kecil jangan dicurangi udah kecil dicurangi. Ya udah kecil biarin dong, kasih kesempatan ya jangan ada main uang. Anggota kami militan,” ucapnya.

(Arie Saputra)