Jakarta, Aktual.com — Aparat gabungan dari Kepolisian dan TNI memediasi dua organisasi kemasyarakatan, Ikatan Pemuda Karya dan Pemuda Pancasila pascabentrokan di Jalan Thamrin, dan pembakaran di Jalan Brigjend Katamso, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (30/1) malam.

Komandan Kodim 0201 BS Kolonel Inf. Maulana Ridwan saat dikonfirmasi, Sabtu (31/1) malam, mengatakan para aparat TNI telah dikerahkan untuk membantu aparat kepolisian dalam mengamankan lokasi bentrokan di Jalan Thamrin dan juga Jalan Brigjen Katamso, di mana terjadi pembakaran di lokasi tambal ban yang dekat dengan lokasi pos salah satu ormas.

“Pembakaran ini terus diselidiki, memang ada indikasi terkait dengan bentrok pada Sabtu (30/1) sore,” ujarnya dalam wawancara yang disiarkan sebuah televisi nasional.

Pada Sabtu sore itu, puluhan anggota organisasi kemasyarakatan, Pemuda Pancasila (PP) dan Ikatan Pemuda Karya (IPK) terlibat bentrok di Jalan Thamrin. Bentrokan tersebut diduga terjadi karena bertemunya anggota kedua ormas yang sedang melakukan perhelatan internal di Jalan Thamrin, Medan.

Pada Sabtu malam, terjadi insiden, yang diawali dengan kebakaran sebuah pos yang dekat dengan lokasi berkumpulnya salah satu ormas.

Hingga Sabtu tengah malam, ratusan personel kepolisian melakukan penjagaan Kota Medan untuk mengantisipasi bentrokan.

Prajurit TNI juga membantu pihak kepolisian dalam menjaga situasi dan mencegah terjadinya bentrokan susulan.

(Nebby)