Warga mencoblos pada Pilkada DKI Jakarta Putaran kedua di TPS 20 Kolong Tol Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (19/4/2017). TPS 20 memiliki 611 Daftar Pemilih Tetap (Tetap). Pilkada putaran kedua diikuti oleh 2 pasang calon yaitu Ahok-Djarot dan Anies-Sandi. AKTUAL/Munzir

Yogyakarta, Aktual.com – Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, menyampaikan sikap atas hasil Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahap II yang saat ini tinggal menunggu penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU DKI Jakarta.

Hal ini disampaikan Rektor UII Nandang Sutrisno, melalui pernyataan resmi tertulis di Yogyakarta, Kamis (20/4).

“Kami menghimbau kepada seluruh komponen bangsa untuk bersatu kembali. Segala perselisihan selama proses Pilkada agar disudahi dan bersama-sama mendukung serta mengawasi kepemimpinan baru demi terwujudnya DKI Jakarta yang lebih baik,” tulisnya.

Selain itu, UII mengapresiasi pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saeful Hidayat yang telah menunjukkan sikap ksatria dengan mengakui kekalahan serta menyampaikan selamat kepada pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno.

“Demikian juga pasangan Anies-Sandi yang patut kita apresiasi karena bisa menahan diri untuk tidak melakukan selebrasi secara berlebihan,” tambahnya.

Kedewasaan sikap kedua pasangan calon tersebut menurut UII telah memberikan pembelajaran yang baik kepada masyarakat bahwa kalah dan menang dalam sebuah pesta demokrasi merupakan hal yang biasa.

()