Jakarta, Aktual.com — Politikus PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari menegaskan, partainya tidak akan mendukung calon independen pada Pilkada DKI mendatang.

Ini artinya, Partai berlambang banteng itu tak akan mengusung calon incumbent Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai calon Gubernur DKI Jakarta 2017, jika yang bersangkutan tidak meninggalkan jalur perseorangan.

Hal tersebut dikatakan menanggapi sinyal Partai Golkar yang akan mendukung Ahok, pasca Partai Nasdem dan Hanura yang sudah terlebih dulu menyatakan dukungannya.

“Bagi PDI-P, kami konsisten memilih jalur parpol, bukan peseorangan, walau Ahok didukung parpol-parpol. PDI-P konsisten untuk bersikap sesuai tugas parpol, yaitu memperkuat sistem politik berbasis parpol sebagai manifestasi amanat demokrasi keterwakilan,” ujar Eva di Jakarta, Jumat (10/6).

PDI-P dipastikan tidak terpengaruh meski hampir dipastikan tiga parpol yang menyatakan dukungannya kepada Ahok.

“Jika Partai Golkar mendukung jalur perseorangan itu sesuai garis politik dan kepentingan subyektif mereka, kita hormati. Bagi PDI-P simple, sebagai parpol ya mendukung jalur parpol. Ini sesuai alasan eksistensi parpol,” tegasnya.

()