Jakarta, Aktual.com – PDI Perjuangan menunjuk putra ulama kharismatik KH Maimoen Zubair, Taj Yasin Maimoen untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018.

Penunjukan tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu.

Ganjar yang mengenakan jas merah dipadu kemeja putih dan celana panjang hitam tidak didampingi oleh wakilnya yang masih dalam perjalanan.

“Kita ‘fight’ sekarang, kita jadikan lagi. Untuk Jateng yang pertama tetap Pak Ganjar Pranowo,” kata Megawati.

Sementara penunjukan Taj Yasin Maimoen sebagai cawagub, menurut Megawati, ia sudah berkomunikasi dengan KH Maimoen Zubair yang merupakan kyai sepuh NU.

“Orangnya keren lho, umurnya 35 putra KH Maimoen Zubair,” kata Megawati.

Mega sempat menceritakan kedekatannya dengan kalangan NU, bahkan ia mengatakan akrab dengan Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Jadi pada awal reformasi, saya sudah akrab dengan yang namanya Gus Dur. Kami punya pandangan yang sama tentang kebangsaan. Keluarga besar saya itu Muhammadiyah dari Bengkulu dari pihak ibu, jadi persahabatannya akrab,” ujar Mega.

PDI Perjuangan mendeklarasikan lima pasangan cagub-cawagub yang akan maju pada Pilkada Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan penugasan untuk Kalimantan Timur.