Jakarta, Aktual.com – Larry Nassar, bekas dokter tim senam nasional Amerika Serikat yang mengaku melakukan pelecehan seksual terhadap pasien-pasiennya serta terlibat dalam pornografi anak-anak, mulai menjalani hukuman penjara.

Nassar masuk ke penjara di negara bagian Arizona pada Sabtu untuk menjalani hukuman federal selama 60 tahun.

Laman Biro Penjara Federal mengatakan Nassar ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan AS di Tucson, yaitu penjara dengan penjagaan sangat ketat yang terletak di daerah gurun Arizona.

Sebuah saluran berita daerah melaporkan bahwa Nassar, 54 tahun, akan menjalani hukuman selama 60 tahun atas tiga dakwaan menyangkut pronografi anak-anak, setelah ia menyatakan bersalah pada Juli tahun lalu.

Jika ia masih hidup, Nassar akan dipindahkan ke negara bagian Michigan untuk mulai menjalani dua hukuman penjara selama 40 tahun karena melakukan pelecehan seksual terhadap 10 anak perempuan.

Nassar, yang merupakan bekas dokter tim senam Olimpiade AS, bulan lalu divonis hukuman penjara 40 hingga 175 tahun karena melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak perempuan dengan kedok memberikan tindakan medis bagi mereka.

Vonis itu dikeluarkan setelah persidangan berlangsung selama satu pekan, yang diisi dengan pembacaan pernyataan oleh 156 orang yang menyebutkan bahwa Nassar telah melakukan pelecehan seksual terhadap mereka.

ant

(Nebby)