Ilustrasi

Jakarta, Aktual.com – Pemerintah Indonesia membutuhkan 1.500 dokter dan 2.500 perawat dan tenaga kesehatan sebagai relawan dalam penangan virus corona (COVID-19). Pendaftaran untuk relawan nanti akan dibuka melalui situs resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Ini semua kita panggil sebagai relawan sebagai persiapan menghadapi pandemik virus corona,” ujar Andre Rahardian yang merupakan Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19 dalam konferensi pers, Kamis (26/3).

Lebih rinci, dia menjelaskan dokter yang diperlukan adalah dokter spesialis paru, spesialis anestesi, dokter umum, serta pranata lab. Selain dokter dan perawat, Gugus Tugas juga membutuhkan relawan untuk administrasi rumah sakit dan supir ambulans.

“Gugus Tugas bekerjasama dengan banyak asosiasi, LSM, universitas mengajak semua bergabung jadi relawan. Di mana perawat dan administrasi RS berada di gugus depan. Sedangkan mahasiswa tingkat akhir menjadi lapis kedua sebagai bagian pencegahan. Mahasiswa akan membantu konsultasi maupun medis,” jelasnya.