Jember, Aktual.com – Untuk kesekian kalinya, Pemkab Jember menfasilitasi pemulangan santri asal Jember menuju tenpat belajarnya. Kali ini, ratusan santri asal Jember yang sedang menimba ilmu di Ponpes Darussalam Blokagung. Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman Rabu (25/5) melepas pemberangkatan ratusan santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung asal Jember yang tergabung dalam Ikatan Santri Jember Asuhan Darussalam (ISJAD).

Dalam pelepasan yang didampingi Kabag Kesra Ahmad Musodaq dan H. Syukron perwakilan Alumni Darussalam Blokagung di halaman Balai Gedung Serbaguna Pemkab Jember, Wabup menyatakan bahwa kepedulian Pemkab Jember terhadap keselamatan Santri dalam perjalanan menuju pondok tidak hanya saat pemberangkatan Santri.

Namun saat pemulangan santri tahun depan, Pemkab Jember siap memberikan fasilitas penjemputan santri dari Pondok Pesantren untuk menuju rumahnya saat libur pesantren.

“Santri merupakan harapan bangsa, di tangan santri harapan pemimpin masa depan, hal ini tidak lepas dari keberadaan generasi muda saat ini yang tidak sedikit mentalnya tergerus oleh modernisasi tanpa diimbangi mental dan iman yang kuat, oleh karenanya Pemkab Jember siap mengawal santri tidak hanya saat berangkat, tapi saat santri pulang tahun depan Pemkab siap menjemput,” ujar Wabup Jember KH. MB. Firjaun Barlaman.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga berpesan agar santri benar benar fokus dan tekun dalam menuntut ilmu selama di pesantren, agar apa yang diharapkan orang tua untuk menjadi anak yang Soleh Solehah bisa terpenuhi.

“Belajar yang tekun dan fokus pada pelajaran, agar mendapat ilmu yang manfaat dan barokah serta bisa membanggakan orang tuanya,” ujar Wabup.

Sementara Ahmad Musodaq selaku Kabag Kesra Pemkab Jember, disela sela pemberangkatan santri Blokagung menyatakan, bahwa pemberangkatan hari ini merupakan pemberangkatan santri gelombang 7, dimana sebelumnya ribuan santri sudah diantarkan ke pondok pesantren dengan fasilitas angkutan gratis dari Pemkab Jember

“Untuk Santri Blokagung ini merupakan pemberangkatan gelombang 7, sebelumnya kami juga memberangkatkan santri Pondok Lirboyo dan Ploso Kediri, Santri Sidogiri Pasuruan, dan Santri Nurul Jadid Paiton Probolinggo, ada kemungkinan masih akan ada lagi pemberangkatan santri yang difasilitasi Pemkab,” pungkas Musodaq.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)