Jember, Aktual.com – Warga terdampak Covid-19 mulai mendapatkan bantuan berupa beras dari Pemkab Jember. Pemberian bantuan beras ini mulai diberikan sejak dua hari terakhir diawali penyerahan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto. Ada beras sekitar 100 ton yang segera dibagikan bagi warga terdampak covid10 maupun PPKM Darurat.

Sasaran awal pemberian bantuan di Perumahan Griya Mangli, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates.

Di lokasi tersebut banyak warga yang menjalani isolasi mandiri, sehingga mereka yang menjalani isoman tidak bisa keluar rumah untuk berbelanja sehingga pemerintah memberikan berupa beras.

Bantuan beras yang diberikan adalah 400 gram dikalikan 14 hari isolasi mandiri, total beras yang diterima sebanyak 5,6 Kg perjiwa. Beras-beras tersebut dibuat perpaket sehingga jika dalam satu KK ada empat orang maka akan menerima empat paket.

Bupati Jember l, Hendy Siswanto di perumahan tersebut memberikan bantuan secara simbolis kepada keluarga Tati Hidayati. Tatik yang pensiunan bank tersebut bersama cucunya harus menjalani isoman setelah dinyatakan terpapar Covid-19.

Tidak hanya Bupati Hendy, Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman, juga mengunjungi beberapa titik wilayah yang warga yang menjalani isolasi mandiri maupun pedagang makanan yang dibatasi edurasi waktu berdagangnya.

Titik pertama adalah di wilayah Kecamatan Patrang. Tepatnya pedagang makanan ringan kripik yang banyak berjejer di kawasan Jalan Slamet Riyadi. Rombongan Wabup yang terdiri dari Dandim 0824 dan perwakilan Kejaksaan Negeri juga memberan bantuan kepada kepala keluarga yang menjalani isoman. Tepatnya d Jalan Slamet Riyadi gang salon yang ada 3 KK yang terkonfirmasi positif.

Wabup Gus Firjaun juga memberikan bantuan beras kepada para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan kampus Universitas Jember tepatnya Jalan Jawa dan PKL di Jalan Letjen Sutoyo.

Wabup MB Firjaun Barlaman atau akrab dipanggil Gus Firjauan menyampaikan, apa yang dikerjakannya untuk melanjutkan pemberian bantuan kepada warga yang terdampak langsung dan isoman. “Kami memprioritaskan untuk masyarakat bawah, kemudian masyarakat menengah, semuanya akan kita cover,” kata Gus Firjaun, Selasa (13/7).

Gus Firjaun juga mengatakan pihak Pemkab juga akan segera memberikan bantuan beras kepada kalangan bawah lainnya seperti kepada warga berprofesi sebagai pengemudi becak maupun ojol (ojek online) dan masyarakat kelas bawah lainnya. ”Kita walaupun ini (hanya berupan beras saja) bisa membantu apa yang dirasakan masyarakat,” katanya.

Gus Firjaun juga berpesan kepada masyarakat agar disiplin menjalani prokes agar pandemi Covid-19 segera sirna. “Kami berpesan agar masyarakat membantu disiplin juga agar (Covid-19) segera teratasi,” katanya.

(Aminudin Aziz)

(Nusantara Network)