Bandung, Aktual.com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa akan mencoba fasilitasi dua organisasi massa yang sedang bertikai yakni Front Pembela Islam dan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia usai bentrokan beberapa waktu lalu.

Iwa mengatakan, langkah yang diambilnya ini sebagai upaya meredam dan menyerasikan perselisihan kedua pihak. Dia mengaku prihatin mengetahui adanya bentrokan tersebut dan secepatnya pertemuan akan dilakukan supaya kembali terjadinya kondusifitas di Jawa Barat.

“Kami turut prihatin dengan adanya kejadian itu. Kita berharap ini tidak berlanjut, dan kita akan berupaya seadil mungkin dan profesional untuk memfasilitasi suapay perselisihan ini tidak berlanjut. Sehingga tercipta kembali damai dan Jabar kondusif,” kata Iwa ketika ditemui wartawan, Minggu (15/01).

Sambil merancang pertemuan, Iwa menghimbau semua pihak dapat menahan diri, tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan. Dia menyarankan dialog menjadi salah satu solusi untuk bisa menyelesaikan berbagai persoalan ini, pihak keamanan pun diyakininya akan bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Insya Allah Kapolda dan jajaran berupaya untuk tetap jaga kondusif anrara FPI dan GMBI, dan mengedepankan dialog ke arah kebersamaan dan kedamaian.”

Selain itu, Iwa sampaikan terimakasih kepada media massa yang sudah ikut menjaga kondusifitas di Jawa Barat dengan membuat berita yang objektif dan profesional. Tidak menyebarkan berita yang provokatif serta bisa memperkeruh suasana.

“Saya juga tetima kasih pada media yang telah membuat pemberitaan yang tidak membuat memanas. Sekarang sudah dilakukan komunikasi hanya secara tertutup baik pribadi maupun kelompok.”

Laporan: Muhammad Jatnika

(Wisnu)