Jakarta, Aktual.com — Anggota Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo mendesak agar Kejaksaan Agung tidak hanya membongkar dugaan kejahatan yang terkesan sudah diseleksi, seperti kasus penyidikan terhadap PT Victoria Securities Indonesia.

Namun, bila Jaksa Agung HM Prasetyo serius untuk membongkar kasus tersebut seharusnya semua terkait pembelian hak atas piutang (cessie) dari Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) pada tahun 2003 silam harus dibongkar semuanya.

“Kita akan mendorong Jaksa Agung (HM Praasetyo) bongkar setuntas-tuntasnya, termasuk penggelapan aset BPPN lainnya. Jangan hanya beberapa orang yang kebetulan mungkin miliki back-up partai politik besar tidak berani,” kata Bambang, di Komplek Parlemen, Senin (24/8).

“Artinya kalau jaksa agung mau fair serharusnya bongkar semua, siapa-siapa dulu yang dengan murah dengan hangky pangky,” tambah dia.

Katika ditanyakan, apakah desakan itu artinya agar Jaksa Agung untuk juga memeriksa Megawati Soekarnoputri, menyusul proses pembelian cassie terjadi di era putri Bung Karno tersebut, Sekertaris Fraksi Golkar di DPR RI itu enggan secara gamblang mengamininya.

“Makannya saya katakan tadi, Jaksa Agung jangan hanya bertindak setengah-setengah, bongkar semua. Siappun pengusaha yang dekat dengan kekuasaan sekarang atau tidak di bongkar. Agar Jaksa Agung independen dan clear di dalam membongkar kejahatan, bukan bongkar kejahatan yang di seleksi,: ujar dia.

()