Sejumlah kader Partai Golkar membacakan naskah Pancasila dan ikrar pada Pembukaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar 2016 yang dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Nusa Dua, Bali, Sabtu (14/5). Munaslub yang berlangsung 14-17 Mei 2016 tersebut dihadiri sekitar 4.000 peserta perwakilan dari DPP dan DPD seluruh Indonesia untuk memilih kembali ketua umum partai setelah sempat kisruh pada munas sebelumnya. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/aww/16.

Bali, Aktual.com – Ada dua calon ketua umum terkuat yang bakal lolos hingga ke putaran kedua. Begitu prediksi Waketum Partai Golkar Agung Laksono jelang pemilihan ketum Golkar yang digelar Selasa (17/5) dinihari.

Prediksi Agung, dukungan koalisi bakal mengumpul di dua calon, yakni Setya Novanto dan Ade Komarudin (Akom). Dua nama inilah yang menurutnya bakal lolos ke putaran kedua.

“Pertimbangan dilihat dari bagaimana persepsi publik, persepsi internal dan persepsi penguasa,” ujar Agung, di lokasi Munaslub, Bali, Selasa (17/5) dinihari.

Meskipun diakuinya, arah koalisi terbagi antara yang sudah menunjukkan sinyal sejak awal bakal merapat ke satu calon, tapi ada yang menunggu di putaran kedua. “Kebanyakan koalisi di putaran kedua,” ujar dia.

Lobi-lobi diyakininya akan dilakukan para caketum yang kandas di putaran pertama. Adu saing berapa banyak dukungan yang dikantongi untuk ditawarkan ke calon yang lolos putaran kedua.

Agung mengatakan, caketum Syahrul Yasin Limpo kemungkinan bakal merapat ke Setnov. Indra Bambang Utoyo dan Aziz Syamsuddin diperkirakannya juga akan lakukan langkah yang sama.

Sementara untuk Mahyudin dan Priyo Budi Santoso, Agung malah mengaku belum bisa perkirakan bakal merapat ke mana. Namun Agung menduga Priyo kemungkinan bisa merapat ke kedua calon kuat.

()