Kupang, Aktual.com – Pakar komunikasi dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Prof. Dr. Alo Liliweri mengatakan, pertemuan elit politik harus dimaknai dalam konteks mendinginkan suasana pasca pemilu presiden (pilpres).

“Komunikasi politik adalah persepsi terhadap perilaku elit politik dari partai-partai, dan hari ini publik melihat ada rangkaian pertemuan Jokowi dengan Prabowo di MRT. Kemudian diikuti oleh kunjungan Prabowo ke Megawati. Pertemuan-pertemuan ini harus dilihat untuk mendinginkan suasana pasca pilpres,” kata Alo Liliweri, Rabu (31/7).

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan fenomena pertemuan antar elit politik saat ini, dan apakah semata untuk mencari kekuasaan belaka.

Menurut dia, proses pemilu yang cukup panjang telah membuat rakyat bangsa ini terbelah, karena adanya perbedaan dukungan dan pilihan politik masing-masing.

Bahkan setelah pemilu pun, masih terus ada ketegangan-ketegangan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Jokowi-Amin sebagai pemenang dalam Pilpres 2019.

(Abdul Hamid)