Kendaraan pemudik mengantre menuju pintu gerbang tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/7). Puncak arus balik di tol Cipali terjadi sejak H+3 hingga H+4 Lebaran 2016. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/16.

Jakarta, Aktual.com – Operator Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) PT Lintas Marga Sedaya (LMS) mengimbau pengguna jalan tol menghindari perjalanan saat waktu puncak arus balik Lebaran 2017 yang diprediksi Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7).

“Para pengguna tol tidak melakukan perjalanan balik dalam waktu bersamaan, terutama pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7), harus diatur waktunya terlebih dahulu,” kata Direktur Operasional LMS Rinaldi di Cirebon, Rabu.

Dia melanjutkan sebaiknya para pengguna memilih hari lainnya seperti Rabu (28/6) dan Kamis (29/6) untuk menghindari kemacetan.

Selain itu, pengguna jalan tol Cipali juga sebaiknya menggunakan kartu uang elektronik (e-payment) untuk bertransaksi di gerbang tol sehingga akan memperlancar antrean saat pembayaran.

“Diharapkan pengemudi menyiapkan ‘e-payment’ dengan saldo yang cukup saat arus balik ke arah Jakarta, sehingga dapat mempercepat transaksi demi kelancaran arus lalu lintas di tol Cipali,” tutur Rinaldi.

(Nebby)
1
2