Jakarta, Aktual.co — Sekretaris Fraksi Partai Golkar di DPR, Bambang Soesatyo mengatakan penundaan pengumuman nama-nama menteri di pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tidak akan mempengaruhi agenda pembagian jatah pimpinan dan anggota komisi di DPR.
“Penundaan pengumuman nama menteri di pemerintahan Jokowi-JK tidak akan mengganggu agenda pembahasan nama anggota komisi dari tiap fraksi yang akan kita lakukan siang ini,” kata Bambang di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/10).
Menurutnya, tidak ada pengaruh jika jumlah menteri di pemerintahan Jokowi-JK bertambah. Pemilihan ketua komisi, kata Bambang, akan tetap jalan.
“Kita pun akan tetap melanjutkan pemilihan ketua komisi, jadi tidak ada pengaruh mau jumlah menterinya bertambah atau nama kementeriannya apa,” kata dia.
Menurut dia, jumlah 11 komisi yang telah ditetapkan sebelumnya dalam Sidang Paripurna DPR akan menyesuaikan dengan jumlah dan nama kementerian di Pemerintahan Jokowi-JK.
“Contohnya nanti ada Kementerian Maritim, kita akan lihat filosofi kepentingannya lebih dulu. Kalau lebih condong pada peningkatan potensi perikanan maka masuk Komisi IV DPR, kalau lebih ke transportasi laut, ya ke Komisi V DPR, tapi  bila terkait keamanan akan dimasukan Komisi I DPR,” kata dia.

()