Jakarta, Aktual.co —Komitmen untuk memastikan bahwa semua siswa diajar oleh guru-guru yang berkualifikasi, terlatih secara profesional, dan mendapat dukungan yang baik, sekarang telah menjadi salah satu sasaran yang diakui bagi sistem pendidikan di seluruh dunia.
Hal itu dinyatakan Thomas Llyod, dari Kantor Wilayah British Council, dalam presentasi untuk Konferensi Pendidik Nasional (National Educators Conference) 2015 di Jakarta. Rangkaian kegiatan konferensi itu berlangsung di kampus Universitas Sampoerna pada 29-31 Mei 2015.
Menurut Llyod, salah satu solusi untuk mencapai tujuan itu adalah menyatukan semua bidang pengembangan guru ke dalam sistem pengembangan yang koheren dan dikenali. Misalnya, seperti pemberlanjutan kerangka pengembangan profesional.
“Sementara langkah itu sendiri patut dihargai, pada waktu yang sama, adalah penting bahwa dalam pengembangan kerangka semacam itu, komponennya mencerminkan kebutuhan-kebutuhan guru modern,” ujarnya.
Ditambahkannya, selain kriteria pendidikan “standar’ dalam konteks ini, seperti kualifikasi dan pengetahuan terhadap materi ajar, juga ada peluang untuk memasukkan materi-materi seperti Keterampilan Abad ke-21 dan pengajaran dalam konteks multibahasa dan multikultural.

()