Jakarta, Aktual.com — Penyakit diabetes (atau lebih dikenal dengan ‘kencing manis’), merupakan penyakit mematikan nomor lima di dunia. Bahkan, menurut data dari lembaga kesehatan dunia (WHO), memperkirakan diabetes menjadi salah satu dari tujuh penyebab kematian yang utama di tahun 2030 mendatang.

Prof. Dr.Agung Pranoto, dr.,MSc., SpPD-KEMD, FINASIM yang merupakan pakar diabetes dalam bidang kesehatan menjelaskan tentang penyakit diabetes.

“Diabetes itu penyakit kronis yang terjadi apabila pankreas tidak dapat memproduksi insulin secara cukup atau manakala tubuh tidak dapat memproses insulin yang dihasilkan secara efektif,” jelas Dr.Agung, di Jakarta.

Menurut dokter Agung, tantangan utama dalam pengendalian penyakit diabetes yaitu deteksi dini, pencegahan, dan tata laksana yang tepat di tengah masyarakat yang masih harus ditingkatkan.

Oleh karena itu, edukasi yang berkelanjutan yakni kegiatan yang harus senantiasa dilakukan untuk memberikan informasi secara terus menerus kepada masyarakat akan bahaya penyakit diabetes.

Caranya, kata dr Agung, dengan memilih makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, lemak tak jenuh, produk susu, dan daging tanpa lemak.

“Kurangi porsi makan, tidak memakan satu jenis makanan secara berlebihan, makan dengan interval tetap tiap harinya, tidak telat makan, olahraga aerobik,lari, bersepeda, sering melatih otot, tidak malas naik tangga, melakukan yoga, dan ikuti pengobatan sesuai anjuran dokter,” urainya menutup pembicaraan.

()

()