200273897-001

Jakarta, Aktual.com — Hingga sekarang, narkoba masih menjadi wabah bahaya yang menyerang kalangan generasi muda. Pemberantasan narkoba hingga saat ini memang masih menjadi fokus pemerintah. Karena, tidak ada alasan apapun bahwa memakai narkoba itu baik untuk kesehatan.

Di beberapa negara, obat memang dijual bertujuan untuk kesehatan. Namun, dosis obat yang berlebihan tentunya akan membunuh siapapun yang meminumya secara tidak mematuhi resep dokter.

Narkoba memang jenis obat yang bisa membuat penggunanya mudah kecanduan untuk mencoba lagi, dimana efeknya yang luar biasa membuat kita terhanyut dalam kesenangan.

Selain itu, juga menjadikan penggunanya lupa akan bahaya dibalik pemakaiannya. Namun tahukah Anda, bahwa apa saja yang dapat diakibatkan dengan mengkonsumsi narkoba?.

Jangka pendeknya Anda akan merasakan peningkatan tekanan darah, mulut kering, denyut jantung menjadi cepat, dan memperlambat reaksi kita terhadap sesuatu. Berikut, beberapa jenis narkoba beserta efek sampingnya, agar kita semua paham akan betapa bahayanya narkoba. Dan, jangan coba-coba bermain dengan mengonsumsi narkoba, demikian laman Boldsky melaporkan.

Heroin
Ini adalah jenis narkoba paling kuat dan buruk di dunia. Setelah Anda mengonsumsinya dalam waktu tiga hari, Anda akan mencarinya dan merasa kecanduan. Tapi tahukah Anda bahwa mengonsumsi obat tersebut dapat merusak organ tubuh anda dengan sangat cepat seperti jantung dan ginjal. Selain itu, heroin disuntikan dalam tubuh, selalu menimbulkan penyakit mematikan seperti AIDS.

Opium
Obat ini berasal dari buah opium. Buah yang dilukai dengan pisau sadap akan mengeluarkan getah kental berwarna putih. Setelah kering dan berubah warna menjadi coklat, getah ini dipungut dan dipasarkan sebagai opium mentah.

Opium mentah ini bisa diproses secara sederhana hingga menjadi candu siap konsumsi. Kalau getah ini diekstrak lagi, akan dihasilkan morfin. Morfin yang diekstrak lebih lanjut akan menghasilkan heroin. Jika Anda mengonsumsi obat tersebut secara rutin, jantung Anda akan bermasalah bahkan berhenti berdetak.

Kokain
Kokain merupakan salah satu obat yang mempengaruhi otak dan jantung secara bersamaan. Ketika rasa candu telah mempengaruhi sistem saraf Anda, hal tersebut dapat berakibat kematian mendadak. Obat ini sangat jahat dan kuat. satu kali saja mencoba mengonsumsi kokain, penderita akan merasa mual, bahkan dapat membuat keadaan depresi yang parah

Kristal Meth
Obat ini sangat berbahaya bagi jantung. Tak hanya itu, permasalahan kesehatan serius lainya juga bisa terjadi jika mengkonsumsi obat ini terus menerus. Seperti perilaku psikopik, agresi dan kehilangan memori. Overdosis sabu, dapat menyebabkan serangan jantung dan pendarahan di otak.

Mariyuana
Adalah obat populer dan paling adiktif di dunia. Ada lebih dari satu miliar orang yang mencintai obat ini. Itulah mengapa angka kematian dari obat ini begitu besar.

Mariyuana berbahaya bagi tubuh manusia, terutama jantung. Mariyuana menyebabkan peningkatan tekanan darah yang dapat memberikan efek serangan jantung. Merokok juga meningkatkan denyut jantung cepat yang berbahaya bagi tubuh manusia.

()