Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait potensi hujan lebat dan risiko bahaya sinar UV yang meluas di sejumlah wilayah Indonesia.

“Upaya kesiapsiagaan cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi mesti ditingkatkan di sebagian besar wilayah Indonesia,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto.

 

14 daerah di Indonesia, termasuk Aceh, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Papua, berstatus waspada akibat dampak hujan lebat. Beberapa wilayah lain, seperti Kabupaten Kupang di Nusa Tenggara Timur dan Morowali di Sulawesi Tengah, diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai kilat atau petir.

 

Guswanto menekankan kesiapsiagaan hingga akhir Februari 2024, mengingat curah hujan tinggi berkisar 150 mm – 300 mm. BMKG juga memprediksi risiko bahaya gelombang sedang hingga sangat tinggi akibat dampak sinar UV pada penduduk di sebagian besar wilayah pesisir dan laut Indonesia.

 

“BMKG merekomendasikan agar meminimalkan waktu di bawah paparan matahari hingga pukul 16.00 waktu setempat, mengenakan pakaian pelindung, kacamata hitam saat berada di luar ruangan, pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam, dan hindari permukaan yang cerah seperti pasir dan air,” tambahnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan