Jakarta, Aktual.com — Momo ‘Geisha’ prihatin dengan kondisi kebakaran hutan yang mengakibatkan ‘pabrik’ asap di berbagai daerah, khususnya di Pekanbaru, Riau. Pelantun lagu ‘Lumpuhkan Ingatanku’ tersebut meminta asap dihentikan, sebelum banyak jatuh korban.

Bersama elemen Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), seniman dan artis Ibukota lainnya, Momo ‘Geisha’ menyerukan kampanye “Stop Asap” di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (9/10) sore. Beberapa entertainer itu antara lain, Demian bersama istri, dan Melanie Soebono.

“Kegiatan kita sore ini adalah untuk menyampaikan dukungan terhadap korban asap, yang sebelumnya, jujur, dari sosmed teman-teman dari Pekanbaru,” kata Momo ‘Geisha’, kepada Aktual.com.

“Kita disini posisinya bukan hanya menyuarakan seruan, kita juga dulu mantan korban, kita juga asalnya dari Riau. Sejak SD kita sudah merasakan asap, belajar pakai masker, (dulu) sekolah kalau tidak memungkinkan diliburkan,” sambungnya.

Hingga kini, kejadian itu terus terjadi dan berulang. Pengalamannya menjadi korban asap itu tercatat hingga Momo ‘Geisha’ kini hampir berusia kepala tiga.

Menurutnya, kebakaran hutan yang menyebabkan bencana asap pada era pemerintahan yang dipimpin Joko Widodo – Jusuf Kalla saat ini merupakan kejadian terparah yang pernah terjadi.

“Kejadian ini sepertinya yang terparah yang pernah terjadi. Kita sebagai musisi, sebagai manusia, juga manusia yang pernah merasakan langsung, menyuarakan ‘Please Stop Asap’,” tegasnya menutup pembicaraan.

()