Jakarta, Aktual.com – Debat antar calon presiden dan calon wakil presiden sebagai bagian dari rangkaian kampanye Pemilihan Presiden 2024 akan dimulai pada hari, Selasa (12/12).

Debat awal akan mencakup berbagai tema, termasuk pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, upaya pemberantasan korupsi, peningkatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan pembangunan kerukunan di antara warga.

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (AMIN), telah menyiapkan diri tidak hanya untuk sesi debat, tetapi juga untuk menghadapi seluruh periode kampanye dan pelaksanaan program-program mereka jika berhasil terpilih dalam Pemilihan Presiden.

Sedangkan pasangan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan pendampingnya Gibran Rakabuming Raka, mengawali rangkaian kampanye di berbagai wilayah yang menjadi basis pasangan calon presiden-calon wakil presiden lainnya.

Komandan Teritorial Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk pasangan Prabowo-Gibran, Ahmad Doli Kurnia menyatakan bahwa TKN terus meningkatkan kedewasaan struktur tim kampanye di tingkat nasional maupun daerah. Gibran, yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo, tengah mempersiapkan materi debat dengan fokus pada topik-topik seperti hukum, hak asasi manusia, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Pada sisi lain, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, telah melakukan persiapan yang cermat untuk menghadapi sesi debat dalam fase kampanye Pemilihan Presiden 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ganjar menilai bahwa debat ini merupakan peluang yang positif untuk menyampaikan secara rinci visi, misi, dan program mereka. Semua kandidat presiden dan wakil presiden, termasuk Ganjar, sedang bersiap untuk memberikan presentasi yang kuat, dengan menyoroti pengalaman dan rekam jejak sebagai salah satu titik fokus utama mereka.

Mahfud MD menyatakan bahwa debat antara calon presiden dan calon wakil presiden merupakan bagian integral dari proses seleksi yang dinilai oleh masyarakat. Sejak ditunjuk sebagai calon wakil presiden, Mahfud telah menyiapkan segala sesuatu, termasuk tahapan debat yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bagi Mahfud, debat menjadi momen krusial di mana masyarakat dapat menilai kemampuan calon pemimpin.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Yunita Wisikaningsih

Tinggalkan Balasan