Darmin Nasution

Jakarta, Aktual.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pertumbuhan ekonomi hingga semester I-2017 yang tercatat 5,01 persen, bukan merupakan angka yang jelek dalam kondisi saat ini.

“Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi kita tidak jelek, walaupun tidak sebagus yang diharapkan,” kata Darmin di Jakarta, Selasa (8/8).

Darmin mengatakan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,01 persen ini dicapai setelah kinerja konsumsi rumah tangga maupun ekspor dan impor tumbuh sedikit melambat.

Meski demikian, ia menambahkan, sektor investasi atau Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) memperlihatkan kinerja yang positif pada triwulan II-2017 dan memberikan kontribusi terhadap perekonomian.

Untuk itu, Darmin memastikan pemerintah akan mendorong kinerja investasi pada triwulan berikutnya dengan menerbitkan paket kebijakan ekonomi terkait kemudahan berusaha.

“Kita sedang menyiapkan paket besar yang menyangkut semua KL dan pemda dengan fokus mempercepat pelaksanaan investasi karena selama ini deregulasi di lapangan masih dikeluhkan terlalu lambat,” katanya.

(Arbie Marwan)